Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Eksternal (Micro SD) HP ASUS

Memindahkan Penyimpanan Internal ke MicroSD Setelah anda mengupgrade dan sudah menggunakan Android Marshmallow pada HP Asus, maka anda tidak perlu takut lagi akan kehabisan memory internal karena sudah banyak menginstal banyak aplikasi.

Sebab, Android Marsmallow telah memberikan banyak opsi kepada anda, salah satunya adalah bisa menjadikanMemory Eksternal (MicroSD) menjadi memory internal.

Hal ini tentu saja sangat membantu apabila penyimpanan internal pada HP ASUS yang kita gunakan terbatas karena sudah mulai sesak dengan aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall didalamnya.

Jadi, selama anda memiliki MicroSD dengan kapasitass besar dan memiliki banyak ruang kosong, maka game, aplikasi dan file apapun bisa disimpan didalamnya.

 

Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke MicroSD HP ASUS

 

Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke MicroSD HP ASUS

 

Apa itu SD card ?

Scure Digital atau sring disingkat dengan SD merupakan sebuah format untuk kartu memori flash. Kartu Source Digital biasa digunakan dalam perangat portabel seperti kamera dogital, PDA, dan juga Smartphone.

SD Card dikembangkan oleh berbagai merk terkenal seperti Toshiba, SAndisk, dan Panasonic berdasarkan kartu MMC yang sudah telbih dahulu ada.

 

Apa itu Memory Internal?

Memory Internal memory yang bisa diakses secara langsung oleh processor, dan yang bisa disimpan di memory internal ini bisa berupa file data atau sebuah program. Memory internal juga memiliki fungsi yang sangat penting, diantaranya :

  • Untuk menyimpan data yang berasal dari pirati masukan sampai data tersebut dikirimkan ke Arithmetic and Logic Unit (ALU) untuk diproses ke tahap berikutnya.
  • Untuk menyimpan data hasil dari proses Arithmetic and Logic Unit sebelum dikirim kembali ke piranti keluaran untuk menampung instruksi atau program yang berasal dari piranti masukan.

 

Baca Juga : Cara Flash Asus Zenfone 5 (T00F/T00J) Bootloop

 

Agar dapat merubah MicroSD menjadi penyimpanan internal pada ponsel Asus sebenarnya sudah ada pengaturan yang sudah disiapkan oleh sistem Android ketika anda pertama kali memasukkan MicroSD ke perangkat android atau setelah anda upgrade ke Android Marshmallow.

Disana akan ada opsi “Gunakan sebagai penyimpanan portabel” atau “Gunakan sebagai penyimpanan internal”.

Jika ingin menggunakan MicroSD sebagai penyimpanan internal, maka pilih saja opsi yang kedua yaitu “Gunakan sebagai penyimoanan Internal”.

Kemudian ikuti saja petunjuknya sampai prosesnya selesai (pada proses  ini, pemindahan data akan dilakukan)

Jika pilihan pengaturan yang disebutkan diatas tidak muncul, atau anda ingin merubah pengaturan sebelumnya, dengan cara :

  1. Masuk ke menu Setting
  2. Kemudian pilih Penyimpanan & USBPenyimpanan USB
  3. lalu pilih Pilih Kartu SDkartu SD
  4. Kemudian pilih (option) icon 3 titik yang ada di pojok kanan atasSetelan MicroSD
  5. Selanjutnya format sebagai internal/portabel.format sebagai memory internal
  6. Tunggu sampai prosesnya selesai.

 

 

Keuntungan & Kekurangan Mengubah MicroSD Menjadi Penyimpanan Internal

 

Keuntungan 

Setelah anda menjadika MicroSD menjadikan penyinpanan interna pada ponsel ASUS, maka file – file tambahan yang dihasilkan oleh aplikasi tertentu juga akan langsung disimpan ke  MicroSD.

Sebagai contoh foto yang dikirim melalui aplikasi WhatsAPP, maka foto tersebut secara otomatis akan tersimpan ke folder WhatsApp Images yang sudah ada dengan sendirinya pada peenyimpanan MicroSD.

Tentu saja keuntungan yang didapat adalah bisa menjaga kapasitas memori internal atau ROM agar tidak penuh dan sesak yang bisa mengakibatkan ponsel adnaroid menjadi lemot dan bisa timbul msalah lain.

Jika anda masih belum puas juga, anda masih bisa memindahkan game dan aplikasi lainnya ke MicroSD.

Baca Juga : Cara memindahkan aplikasi dai internak ke Eksternal memori dengan Link2sd Plus v.4.0.13 apk Full Version Terbaru

Bagi anda yang senang bermain dan mengoleksi game ataupun aplikasi, maka fitur ini sangat membantu.

Karena akan membantu anda untuk menginstal nbanyak aplikasi dan game tanpa harus takut memori internal penuh.

 

Kekurangan

Bila kamu memutuskan untuk mengubah MicroSD menjadi memori internal, maka MicroSD akan di format dan di enskripsi sehingga yang bisa membacanya hanyalah perangkat yang pertamakali menggunakan MicroSD tersebut.

MicroSD yag anda gunakan akan diformat dan kemudian akan dienskripsi, sehingga yang bisa membaca hanya perangkat yang pertama kali menggunakan MicroSD tersebut.

Apabila suatu saat anda akan menggunakan MicroSD itu ke smartphone lain atau ke PC/laptop dengan menggunakan card rider, maka bisa adipastikan MicroSD tersebut tidak akan terbaca atau terdeteksi.

Pihak google mengemukakan bahwa cara ini tidak lain untuk menjaga keamanan pada android Marshmallow itu sendiri.

Selain itu, agar bisa menggunakan fitur ini secara optimal, anda harus menggunakan MicroSD kelas 10 atau yang lebih tinggi.

Jika anda menggunaka MicroSD yang standar dengan kecepatan read & write rendah, maka perangkat yang anda guankan kedepannya akan terjadi banyak masalah.

Artikel Menarik Lainnya :

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke SD Card pada HP ASUS lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

Semoga penjelsan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan pada kolom komentar.

Terimakasih telah berkunjung.

1 thought on “Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Eksternal (Micro SD) HP ASUS”

Leave a Comment