Cara Flash Samsung J1 Ace SM-110G

Bagi anda yang sedang mencari tutorial Samsung J1 Ace secara detail dan lengkap, maka saat ini sudah berada ditempat yang tepat, karena postingan ini akan membahasnya sedetail mungkin.

Samsung J1 Ace merupakan smartphone android yang cukup lama dirilis dipasaran. Saat pertama kali di jual dipasaran mempunyai bnyak sekali peminat. Bahkan sampai saat ini masih banyak saja yang menggunakannya.

Jadi sangat tidak heran kalau saat ini smartphone ini banyak yang mengalami masalah sistem. Hal semacam ini memang wajar terjadi pada smartphone android.

Bukan hanya Samsung J1 saja, namun smartphone android merk lain juga berpeluang mengalami masalah yang sama.

Kerusakan sistem yang umumnya dialami oleh Samsung J1 adalah sudah mulai lemot, sering keluar aplikasi sendiri, ngehang, bootloop bahkan ada yang sampai mati total.

Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengembalikan performa Samsung J1 Ace seperti semula adalah dengan cara flash ulang atau flashing.

Flashing merupakan sebuah cara untuk menginstall ulang firmware dari Samsung J1 Ace yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan sisitem agar ponsel tersebut performanya kembali seperti semula.

Pada artikel ini admin akan memberikan 2 buah tutorial untuk Flah ulang Samsung J1 Ace, yaitu dengan bantuan PC/laptop dan via SD Card Tanpa PC.

Cara Flash Samsung J1 Ace via ODIN

Cara Flash Samsung J1 Ace SM-J110G

Sebelum melakukan flash ulang, anda wajib menyiapkan terlebih dahulu beberapa perlatan dan file pendukung.

Selain itu anda disarankan untuk memback up terlebih dahulu data penting yang ada di ponsel, karena flash ulang sifatnya akan menghaspus semua file yang ada di Smartphone.

Usahakan juga baterai ponsel diatas 50%. Hal ini bertujuan agar tidak ngedrop saat melakukan flashing.

File yang paling utama anda buatuhkan adalah Samsung Galaxy J1 Ace SM-110G, firmware yang digunakan kali ini merupakan firmware original yang dikembangkan oleh Samsung

Siapkan dan download beberapa file ddiatas kemudian ekstran dan letakkan dalam satu folder, agar memudahkan dalam mencari file yang nanti akan di Install dimasukkan ke Odin.

Cara Flash via ODIN

  1. Install Usb Driver pad pC/laptop yang digunakan
  2. Aktifkan Usb Debugging pada ponsel dengancara masuk menu Pengaturan >> Opsi Pengembang >> Pendebug USB
    Kemudian beri ceklis pada opsi Buka Kunci OEM
  3. Apabila Opsi Pengembang tidak ada di menu Pengaturan, anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara masuk Pengaturan > Tentang Perangkat lalu klik 6 – 8 kali pada bagian Versi Pita Basis
  4. Selanjutnya matika SAmsung J1 Ace, lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol power + Home + volume atas secara bersamaan hingga muncul Warning
  5. Setelah itu tekan volume atas sekali untuk melanjutkan masuk ke Download Made
  6. Gunakan kabel Usb yang tadi sudah disispakan untuk menhubungkan Samsung J1 Ace ke PC/laptop Sambungkan ke PC
  7. Buka dan Jalankan ODIN Buka & Jalankan ODIN
  8. Lihat Port ID:COM yang teretak di pojok kanan atas ODIN, pastikan Samsung J1 Ace anda sudah benar-benar terhubung dan terbaca dengan benar
  9. Masukkan firmware Firmware Samsung Galaxy J1 Ace SM-110G dengan cara klik tombol AP yang ada di ODIN Cara Flash Samsung J1 Ace via ODIN
  10. Setelah firmware sudah berhasil dimasukkan, sekarang klik START untuk memulai proses flashing
  11. Tunggu saja sampai proses flash ulangnya selesai
  12. Saat muncul notifikasi PASS berwarna hijau pada ODIN, berarti proses flashing sudah selesai dan berhasil Flash Samsung J1 Ace Berhasil
  13. Lapaskan Smasung j1 Ace anda dari PC/laptop kemudian hidupkan
  14. Saat pertama kali melakukan booting setelah flash ulang, biasanya akan memakan waktu yang agak lama. Jadi sabar saja menunggunya.

Apabila anda pengguna Samsung Galaxy J1 J100H yang mengalami masalah sistem juga, maka untuk cara Flashingnya ada disini

Bagi anda yang baru pertama kali melakukan flash ulang sendiri pasti akan sedikit bingung. Tapi jangan khawatir, yang perlu anda lakukan adalah emngikuti semua tutorial diatas jangan sampai ada yang terlewatkan pasti akan berhasil.

Selain cara diatas, masih ada metode lain yang lebih seimpel lagi, yaitu Tanpa PC hanya menggunakan SD Card saja. Seperti berikut ini tutorialnya.

Cara Flash Samsung J1 Ace SD Card

Cara flash yang satu ini terbilang simpel karena tidak membutuhkan PC/laptop, sangat cocok untuk anda yang tidak igin ribet atau punya kendala karena tidak ada PC/laptop bisa emnggunakan cara ini.

Pada metode ini yang kita butuhkan adalah stock firmware Samsung J1 Ace dam Micro SD saja. Untuk caranya anda bisa mengikuti beberapa langkash berikut ini

  • Download terlebih dahulu Stockrom Deodex Samsung J1 Ace (SM – J110G) yang berformat .ZIP
  • Pinsahkan file tersebut ke SD Card yag sudah disiapkan
  • Matikan Samsung J1 Ace
  • Selanjutnya masuk ke recovery mode dengan cara tekan tombol Home + Power + Volume Atas secara bersamaan
  • Kemudian pilih opsi Wipe Data/factory reset dilanjutkan dengan pilih Yes – delete all user data
Wipe Data factory reset
Wipe Data/factory reset
  • Jika sudah sekarang pilih opsi Apply Update from External Storage lalu arahkan ke file Stockrom Deodex Samsung J1 Ace yang sudah didownloadn dipindahkan ke SD Card tadi
  • Tunggu saja sampai proses installnya selesai
  • Jika sudah selesai, pilih saja opsi reboot system now dan ponsel anda akan restart secara otomatis
reboot system now
Pilih reboot system now
  • Selesai.

Mau Beli HP Second ??
Baca dulu artikel Cara Mengecek HP Samsung Bekas/Second agar tidak tertipu.

Itulah tadi yang bisa admin bagikan untuk anda mengenai tutorial lengkap Cara Flash Samsung J1 Ace via ODIN & SD Card Tanpa PC.

Semoga dengan 2 cara diatas bisa membantu memperbaiki smartphone anda yang mengalami error sistem.

Jika mengalami kesulitan saat melalkukan flashing atau link download yang sudah rusak, anda bisa memberitahu kami melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Comment