Cara Cleaning Printer Epson L120 & L220

Cara Cleaning Printer Epson Windows 10 Saat anda menemukan hasil dari cetakan printer yang anda gunakan mengalami kualitas yang menurun, maka ada kemungkinan terdapat masalah yang terletak pada head printer yang kotor.

Hal semacam ini biasanya juga disebabkan karena tinta dalam CISS atau catridge printer epson kering atau mampet bahkan sampai tidak terdapat udara didalamnya.

Apabila hal seperti ini dibiarkan secara terus menerus, maka tinta yang menyumbat pada head printer akan mengakibatkan hasil cetakan printer terdapat garis-garis atau bahkan kosong sama sekali (blank).

Solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan membersihkan head printer dengan cara cleaning printer Epson yang kita gunakan tersebut.

Cara Head Cleaning Printer Epson
L120 Windows 10

Cara Cleaning Printer Epson

Bagaimanakah Cara Cleaning Printer Epson? Langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Hidupkan/nyalakan printer epson yang anda gunakan, pastikan tidak ada proses mencetak pada printer epson tersebut.

Kemudian lakukan pengecekan pada ciss/ catridge printer epson milik anda jika lampu pada bagian printer muali berkedip.

Letakkan kertas di bak printer untuk mengecek atau mencetak hasil proses cleaning printer epson anda setelah dilakukan.

  • Klik start pada device and printer untuk melihat daftar semua printer yang sudah di-install pada PC/laptop yang anda gunakan.
  • Kemudian Klik view device and printer > klik kanan driver printer > printing preference. Pada menu hardware and sound. 
    Cara Cleaning Printer Epson
  • Lalu pilih tab maintenance dan kemudian klik pada head cleaning atau bisa juga dengan klik kanan pada ikon printer di system tray dan pilih pilihan head cleaning.
    Cara Cleaning Printer Epson

Driver software printer Epson yang diinstal pada setiap PC / laptop mempengaruhi tampilan berbagai opsi.

Misalnya, pada komputer Mac, Anda harus terlebih dahulu mengklik aplikasi, lalu memilih utilitas printer epson dan memilih printer epson yang diinstal pada komputer itu.

  • Selanjutnya klik oke untuk melanjutkan untuk membuka kotak dialog head cleaning.
  • Setelah muncul pemberitahuan untuk memulai proses head cleaning, silahkan Klik start. Pada beberapa versi software printer epson anda diharuskan untuk mengklik next.
    Cara Cleaning Printer Epson
  • Silahkan tunggu proses head cleaning beberapa saat sampai selesai.
    Cara Cleaning Printer Epson

Note :
Menonaktifkan printer selama proses pembersihan / cleaning akan merusak unit secara permanen. Proses pembersihan ditunjukkan oleh lampu daya yang berkedip pada printer. Jika lampu berhenti berkedip, maka proses pembersihan selesai.

  • Setelah itu, klik pada pilihan “Print Nozzle Check Pattern” dan klik Print untuk melanjutkan mencetak serangkaian garis seperti yang ada di gambar.
    Cara Cleaning Printer Epson
  • Silahkan lihat pola hasil cetakan nozzle check. Apabila cetakan pola menunjukkan garis-garis yang solid tanpa celah, proses pembersihan dianggap sukses dan anda bisa mengklik finish.
    Cara Cleaning Printer Epson

Apabila masih terdapat kesenjangan pada cetakan pola, anda bisa mengulagi proses head cleaning seperti itu lagi dengan mengklik clean.

Pada dasarnya cara dan proses cleaning pada setiap merk printer adalah sama. Jadi cara yang akan kami jelaskan ini tentu saja bisa diterapkan pada printer epson tipe lainnya maupun pada printer dengan merk lain.

Artikel Lainnya :

Printer merupakan satu alat pendukung dari komputer yang digunakan banyak orang baik itu individu maupun perusahaan.

Printer memiliki fungsi untuk mencetak file dokumen yang berbentuk tulisan maupun gambar tertentu kedalam bentuk fisik berupa lembara kertas.

Printer biasanya digunakan untuk mencetak dokumen, grafis, gambar, foto, dahkan sekarang ini printer sudah bisa mencetak obyek 3 dimensi.

Itulah tadi penjelasan mengenai Cara Cleaning Printer Epson L120 & L220 windows 10 dengan mudah baik dan benar.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda sebagai pembaca. Terimaksih telah berkunjung.

Leave a Comment